Rabu, 20 Januari 2010

In Memoriam.



Pas lagi iseng buka koleksi foto2 temen SMA dulu, aku jadi inget sama salah satu teman terbaikku yang sekarang sudah tiada. Temen terbaik yang pernah aku kenal, dia beda sama temen2 yang lain, aku jarang sekali bahkan hampir tidak pernah liat dia marah. Dia kadang pendiam dan selalu punya kejutan. Aku jadi inget pas dia sering maen2 kerumah, crita2 tentang pacarnya, crita2 tentang perselingkuhannya (anaknya emang cakep sih, jadi wajar kalo banyak cewek yang naksir dan rata2 si cewek yang nembak dia duluan).

Tantyo Arif Pradana, sapaan akrabnya Dana, anak tertua dari tiga bersaudara, dan kakak laki2 dari kedua adik perempuan kembarnya. Dia temen sekelas waktu aku kelas 1 SMA dulu. Setelah lulus SMA dana memutuskan untuk jadi TNI, mungkin karna ayahnya adalah seorang tentara dia ingin ikut jejak ayahnya, tapi beberapa kali ikut test dia selalu gagal, setelah gagal test dia mencoba peruntungan lain dengan mengikuti Test untuk jadi Polisi. Ahirnya dia lulus Test, dan ikut pendidikan di luar kota(aku lupa di kota mana) dan ahirnya ditempatkan dinas di Polda Jatim (surabaya). walopun jadi anggota Polisi dia tak pernah sombong. soalnya aku denger cerita, Banyak temen SMA ku yg juga jadi anggota Polisi kelakuannya sedikit agak sombong, kayaknya dia sudah lupa sama teman lamanya(gak semuanya sih, Cuma sebagian aja). Beda sama Dana, walopun dia udah jadi Anggota Polisi tapi dia masih akrab sama teman2 lamanya. Dulu waktu masih belum jadi anggota polisi Dia masih sering maen kerumah kalo aku lagi pulang kampung, kita mesti keluar bareng, cari onderdil buat modifikasi motor bareng2, sering kelayapan bareng2 dan banyak hal yang lainnya. Sampai dia resmi jadi anggota polisi dia gak sedikitpun berubah. Kalo kita pas sama2 pulang kampung (aku pulang dari malang, dia pulang dari surabaya) dia masih sering maen kerumah. Dan terahir kali aku ketemu dia, dia masih sempet nraktir aku makan.

waktu itu Jumat tanggal 11 september 2009 sekitar jam 12 malem aku baru pulang dari kost temen. Sesampaiku di kost tiba2 ada SMS dari Berty (pacar dana) yang ngasih kabar kalo dana meninggal. Spontan aku kaget, ini kabar beneran apa Cuma becanda? Kabar kayak gini kok lewat SMS. Lalu aku coba telfon berty buat nanyain apa maksud SMSnya tadi. Di telfon Si berty bilang kalo SMSnya tadi gak becanda, dia bilang dana meninggal gara2 kecelakaan sekitar jam11 malem di daerah Grati pas dia mau balik ke Surabaya. Ya Tuhan,,salah satu temen terbaik ku sudah tiada, kenapa Tuhan mengambilnya ketika dia baru saja membuat kedua orang tuanya bangga?(gumamku dalam hati). Aku langsung ngabarin temen2 ku yang laen kalo dana meninggal dan langsung berncana buat ngelayat bareng2. Aku juga sempet pengen langsung pulang ke rumah saat itu juga tapi waktu itu sudah lewat tengah malam, ahirnya aku mutusin pulang keesokan harinya. Sesampainya di rumah aku langsung ke rumah dana bareng temen2 yg laen. Pas waktu itu Jenazahnya belum di makamkan karna masih menunggu rombongan dari Polda surabaya buat upacara penghormatan terahir. Isak tangis dari keluarga masih terdengar, aku juga liat ditengah2 keluarga yg sedang berduka ada berty dengan matanya yang udah bengkak gara2 kebanyakan nangis. Setelah sekitar satu jam nunggu ahirnya rombongan dateng, upacara langsung dimulai. Pas liat foto Dana berseragam Polisi yg d pajang di depan keranda mayat aku jadi terharu, rasanya ingin meneteskan air mataku tapi aku masih menahannya. Setelah beberapa menit jenazah mulai di bawa ke tempat pemakaman, di situ upacara masih dilanjutkan. Pas ngeliat dia perlahan dimasukkan keliang lahat aku gak bisa nahan haru lagi, gak kerasa air mataku menetes. Yang terbaring kaku dalam keranda itu adalah teman terbaikku, teman yang selau ceria, teman yang gak pernah lupa sama teman lama. Sekarang dia sudah pergi, gak akan ada lagi temen yang suka ngajakin ngutak-atik motornya kayak dulu, Gak ada lagi temen yang suka maen kerumah pas aku lagi pulang kampung, gak ada lagi temen yang suka cerita pas lagi ditembak cewek kayak dia. Yang bikin aku lebih terharu lagi, dia pergi untuk selamanya pas beberapa hari sebelum hari Ulang tahunnya. Sekarang dia benar2 sudah tiada, Tuhan telah mengambilnya di usia muda. Di saat dia jadi kebanggaan kedua orang tuanya, menjadi kebanggan keluarga dan teman2nya.

Dari kepergian temen terbaikku itu aku jadi berfikir, bagaimana seandainya hal yang sama terjadi padaku? Bagaimana jika Tuhan mengambilku disaat aku masih belum sempat membalas semua jasa kedua orang tua ku? Aku masih belum bisa menjadi kebanggan mereka. Kejadian itu membuatku sadar kalo aku sudah banyak membuang waktu mudaku untuk hal yang gak penting. Sungguh tak terbayangkan jika itu terjadi.. Aku yakin kamu juga bisa ngerasain seperti itu...apakah yang sudah kita lakukan selama ini sudah membuat orang tua kita bangga? Apakah sejauh ini kita sudah bisa membalas semua jasa dan pengorbanan kedua orang tua kita? Jika masih belum, mulai sekarang mari berbenah diri, jangan sampai menyia-nyiakan waktu muda kita..sebelum Tuhan mengambil kita atau malah sebaliknya, kita harus bisa membalas budi kepada Mereka. Satu lagi pelajaran hidup aku dapatkan dari kejadian ini.

Untuk sahabatku Tantyo Arif Pradana.

Selamat tinggal sahabatku... Aku gak akan pernah lupa saat kita melewati suka duka bersama dulu, sampai kapan pun kau akan tetep menjadi salah satu temen terbaikku.

Semoga amal baikmu diterima Allah SWT.

Semoga segala dosamu diampuni Allah SWT.

Semoga kau mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya...

Amieenn....!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar